A Tale of Solo Traveling: Sendirian Di Seoul [Part 1]

26 Feb

tumblr_static_tumblr_lzta02l1hz1qk6cqxo1_500

Solo Traveling? Why Not?

Pas setahun yang lalu, waktu maskapai AA ngadain promo tiket, gue beli tiket Jakarta-Seoul untuk keberangkatan tahun 2015. Gue pilih bulan Februari karena pengen ngerasain winter di Seoul. Bulan Desember 2014 kemarin, gue ngajuin permohonan visa ke Kedutaan Besar Korea di Jakarta. Peserta traveling ke Seoul ini seharusnya ada tiga orang, termasuk gue, tapi dua temen gue yang lain visa-nya ngga di-approve. Kita sama-sama apply visa di Kedutaan Besar Korea, di hari yang sama tetapi dua temen gue visa aplikasinya ditolak. Alesan kenapa visa ditolak, ngga ada yang tau. So, temen-temen, belajar dari pengalaman temen-temen gue yang visanya ditolak gue saranin kalo apply visa hati-hati ya. Semua dokumen harus dilengkapin plus tabungan juga yang cukup, jangan pas-pasan, khususnya buat yang paspornya masih “kosong”. Jangan sampai udah beli tiket pesawat, visa ngga di-approve. Hiks..

Dari sebulan sebelum berangkat perasaan gue campur aduk ngga karuan. Gue sedih soalnya temen-temen traveling gue visanya ditolak semua dan gue harus berangkat sendirian ke Seoul. Seumur hidup gue ngga pernah solo traveling dan Seoul bakal jadi destinasi solo traveling pertama gue. Gue ngebayangin sendirian di kota asing yang bahasanya ngga gue kuasai. Oh well, gue sempet belajar Bahasa Korea dasar tapi udah menguap kayanya..huhuhu. Rada jiper sih traveling sendirian, apalagi musim dingin.

H-7 sebelum berangkat, gue mulai masuk-masukin semua baju-baju winter ke koper ukuran 20″. Waktu beli tiket, gue udah beli bagasi 20 kgs dan mulailah gue ngakalin semua baju anget bahan wool sama winter coat yang lumayan berat supaya masuk di koper. Tips dan trik, coba pake vacuum plastic deh kalo packing baju tebel supaya winter coat sama sweater wool bisa di kompres jadi tipis. Gue juga ngecek suhu di Seoul mulai H-7 sebelum berangkat buat manage expectation gue.

Sebelum berangkat gue ngga ada ekspektasi sama sekali soal Seoul. Gue ngga nyusun itinerary, yang ada cuma coretan sana-sini soal budget (PS: harus ini) sama landmark apa yang terkenal di Seoul, tempat turis-turis. Berbekal peta metro dari temen gue yang baru balik dari Seoul, tiket ke Nami Island yang gue beli online sama selembar email konfirmasi dari S.M Entertainment kalo gue dapet One Day Free Tour di Seoul, gue berangkat ke Seoul sendirian.

Hari H keberangkatan gue ke Seoul, tanggal 11 Februari 2015, Jakarta banjir parah. Mulai bingung lah nyari jalan ke bandara, untungnya bisa lewat tol Meruya yang lancar. Perjalanan dari daerah Sudirman ke Bandara cuma 50 menit saja, thank God! Sampe di terminal 3, suasananya sepi. Penumpang budget airlines cuma sedikit ngga kaya biasanya. Gue bingung kenapa terminal 3 yang biasanya rame jadi sepi kaya gitu. Mungkin karena hujan dan banjir kali ya.

Selama nunggu boarding, gue ngeliat banyak mbak dan mas yang traveling sendirian ke Jepang dan mereka udah siap pake winter boot sama coat. Ngeliat itu semua deg-degan gue mulai sedikit ilang sampe pesawat take-off ninggalin Jakarta.

Seoul! Here I come!

IMG_20150212_061126_edit

~ Seoul sky right before landing – from Air Asia X flight D7506. 12/02/2015 07.00 AM KST ~

2 Responses to “A Tale of Solo Traveling: Sendirian Di Seoul [Part 1]”

  1. Windriya Santika April 2, 2015 at 5:27 PM #

    kak gimana caranya bisa dapet One Day Free Tour di Seoul dari S.M Entertainment?? itu ada event atau gimana ya? maksih 🙂

Leave a comment