[Review] Novel Jomblo: Jomblo Itu Pedih, Jendral! (by Adhitya Mulya)

26 Jan

BOOK REVIEW: JOMBLO BY ADHITYA MULYA

Image

Penulis : Adhitya Mulya

Penerbit : Gagas Media

Tahun Terbit : 2013 (cetakan ke-20)

Jumlah Halaman : 211 halaman

“Cinta bisa datang, cinta bisa memilih, cinta juga bisa pergi, tapi ada satu yang cinta ga’ bisa lakukan, cinta gak bisa menunggu”

 

Sinopsis:

Empat sahabat dengan masalah mereka dalam mencari cinta.

Yang satu harus memilih – seorang yang baik atau yang cocok. Yang satu harus memilih – antara seorang perempuan atau sahabat. Yang satu harus memilih – lebih baik diam saja selamanya atau menyatakan cinta. Yang satu harus memilih – terus mencoba atau tidak sama sekali.

Jomblo adalah sebuah novel yang menjawab semua pertanyaan itu. Pertanyaan yang kita temukan sehari-hari, baik dalam cerita teman atau cerita kita sendiri.

Review Gue:

Sebentar-sebentar, sebelum nge-review, gue mau ucapin selamat dulu buat Akang Adhitya Mulya karena bukunya udah 20 kali cetak plus udah 10 tahun aja buku Jomblo ini. Udah difilmin, disinetronin..nah! loh! kurang apa coba?!

Buku ini adalah buku pertama Adhitya Mulya yang gue baca pas jaman cetakan awal 10 tahun yang lalu. Waktu itu iseng-iseng ke toko buku dan baca sekilas buku ini, dan ternyata gaya penulisannya gue suka. Untuk ukuran buku 10 tahun yang lalu, gaya penulisan Adhitya Mulya belum ada yang nyamain. Dialog-dialognya lucu dan mengalir terus kata-kata yang digunain itu adalah kata-kata sehari-hari. Buku Jomblo ini juga sukses banget bikin gue mikir sekaligus iri sama pertemanan empat lelaki garing di novel ini,hahahaha!!

Yang menarik dari buku ini selain bahasa dan gaya penulisannya adalah catatan kakinya yang ngga penting itu (a/n: perlu ya itu..??) dan kocak banget. Humornya khas Adhitya Mulya, yang ngga basa-basi dan “sunda” banget.  Ide ceritanya simpel, tapi dialognya bikin cerita simpel ini enak buat dinikmati dan terus baca sampai halaman terakhir. Karakternya kuat, aneh, kocak, absurd dan garing khas Adhitya Mulya tapi tetap ‘real’. Plotnya rapi dan banyak kata-kata ajaib yang kalau dipikir kata-kata itu indah.

Oiya, novel ini gayanya masih 90-an banget! Banyak joke-joke ala 90-an didalemnya kaya: “Jomblo Itu Pedih, Jendral!” Nah! Darimana joke ini coba kalau bukan dari kata-kata film yang jaman dahulu kala itu wajib diputer tiap tanggal 30 September di TV nasional itu? Buat yang baca sekarang ini, kira-kira tau ngga ya joke ini? Hihihihi…

Singkat kata ya, menurut gue, novel ini menarik dan masuk daftar koleksi novel Indonesia yang bagus. Jujur gue lebih suka baca bukunya daripada nonton filmnya, karena bukunya  mewakili orang-orang dengan daya khayal yang ketinggian,  suka sama humor garing dan punya prinsip bahwa yang anti mainstream itu istimewa…kaya gue. Hehehe…

Sukses buat “10 Tahun Jomblo”-nya  ya, Akang Adhitya Mulya. Ditunggu karya-karyanya yang lain🙂

Berapa bintangnya buat buku ini menurut gue?

4-star-rating

4/5 stars 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: