Studying Foreign Language Is E.A.S.Y

17 Jan

Image

Udah lama banget ngga nulis gara-gara sibuk ini itu (alesan klasik orang Indonesia..hehehe), sekarang gue mau coba nulis lagi deh biar blog gue ini ngga kosong. Dimulai dari nulis kecintaan gue sama bahasa asing. Yes people! Because English is too mainstream…heheheh.

Gue suka banget sama bahasa. Dari jaman gue sekolah sampe sekarang gue semangat banget kalau ditanyain soal bahasa dan budaya.

Kalau dipikir-pikir, language and learning foreign language is my passion. I can talk more and more about language and culture if you don’t stop me..hehehehe.

So, apa yang membuat gue suka sama bahasa? Menurut gue bahasa itu “pintu” ke semua tujuan yang pengen loe tau. Ibaratnya kaya pintu Doraemon gitu deh. Loe bisa melangkah selangkah lebih maju dari orang lain karena loe tau bahasa itu duluan dari orang-orang di sekitar loe. Pastinya loe juga lebih percaya diri kalau berada di tempat yang orang-orangnya ngomong bahasa yang loe bisa.

Kecintaan gue sama bahasa dimulai dari waktu gue ikutan program pertukaran pelajar ke Italia. Program itu mengharuskan gue tinggal sama keluarga angkat yang ngga bisa ngomong Inggris sama sekali, gue juga sekolah di SMA negeri di sana yang bahasa pengantarnya pasti bahasa Italia juga. Minggu-minggu pertama gue bener-bener struggling, ngga ngerti harus ngomong apaan. Semua gue lakuin pake bahasa isyarat dan gue cuma ngandelin senyum…hihihi. Tapi salah satu kelebihan loe kalau loe belajar bahasa di tempat bahasa itu digunakan dan loe ngga bergaul sama orang-orang yang berbicara bahasa loe adalah mau ngga mau pasti loe bakal belajar bahasa dengan cepet. Contohnya gue belajar bahasa Italia yang susahnya minta ampun itu; Mulai dari tata bahasa yang aneh, konjugasi, cara pengucapan dan aksen, jenis kelamin kata benda; Semua itu gue pelajarin dalam waktu tiga bulan. I got the accent and I became fluent. Yang aneh juga, dalam mimpi gue orang-orang ngomong pake bahasa Italia juga, hahahaha!!

Bahasa kedua yang gue pelajarin setelah bahasa Italia tentunya bahasa Spanyol yang tata bahasa,konjugasi dan jenis kelamin kata bendanya sama kaya bahasa Italia. Memang iya sih, bahasa Spanyol dan Italia itu gampang di-switch karena mungkin pengucapannya yang mudah. Setelah bahasa Spanyol, gue mulai coba belajar bahasa roman lainnya kaya bahasa Perancis (yang iya sih, gue memutuskan kuliah di jurusan Sastra Perancis), Katalan dan Yunani. Sayangnya,bahasa Yunani ini ngga berhasil gue pelajari karena gue ngga telaten ngapalin hurufnya.

Image

Selain belajar bahasa Roman (Italia,Spanyol,Perancis,Katalan) gue juga belajar bahasa Asia Timur kaya Mandarin dan Korea. Sayangnya bahasa Mandarin gue cuma belajar ngomong aja pake huruf Pinyin, gue ngga bisa kanjinya (lagi-lagi karena gue terlalu males ngapalin kanjinya). Bahasa Korea adalah bahasa terakhir yang gue pelajarin karena gue suka nonton K-Drama sama dengerin musik Korea, so menurut gue ngga ada salahnya gue belajar biar ngerti apa yang diomongin.

Belajar bahasa banyak gitu, apa sih kiat-kiatnya supaya ngga bosen? Nah! Belajar bahasa adalah belajar yang paling enak. Kenapa? Karena banyak hal pendukung yang bisa loe lakuin waktu loe belajar bahasa asing itu

Simak tips-tips pendukung belajar bahasa asing ala gue berikut ini ya:

1. Dengerin musik

Kalau lagi belajar bahasa asing, gue suka dengerin lagu-lagu sesuai dengan bahasa asing yang sedang gue pelajarin. Selain untuk buat gue familiar sama bahasanya. Selain bikin gue tau beragam variasi lagu dan penyanyinya, tau musik selain top-40 itu OK loh! Karena musik top-40 itu udah terlalu mainstream.Hehehehe…

2. Nonton Film

Cara ini bisa dipake untuk belajar aksen dari bahasa yang sedang loe pelajarin dan ngebantu loe buat ngapalin kosakata dengan cepet.

3. Browsing website/nge-Youtube

Browsing berita/artikel/cerita di website pake bahasa yang sedang loe pelajarin dan nonton youtube liat penyanyi kesukaan loe lagi diwawancarain juga ngebantu buat loe belajar bahasa asing. Apalagi kalau ngga ada subtittle-nya.

4. Travelling

Ini sih butuh dana yang harus ditabung selama beberapa saat but it’s worth it. Dengan traveling loe dateng ke tempat dimana orang-orangnya ngomong bahasa yang sedang loe pelajarin, dan itu bikin loe semakin tertantang untuk berani ngomong (biarpun salah).

5. Ikutan komunitas bahasa

Cara ini adalah cara paling ampuh buat yang lagi belajar bahasa asing. Membership-nya free dan bisa ketemu banyak orang yang punya minat bahasa yang sama kaya loe. Dengan ikutan komunitas ini, selain bisa berbagi sama temen-temen yang lain, bisa juga jadi tempat latihan ngomong. Ngga usah takut salah, karena yah, semua juga belajar.

6. Dateng ke festival budaya negara tertentu (yang bahasanya lagi loe pelajarin)

Ini kegiatan yang sangat menyenangkan! Loe bisa liat secara langsung budayanya, ngerasain makanannya, ketemu orang-orang yang bicara bahasanya (yang sedang loe pelajarin). Overall suasananya bikin loe semangat dan ngebuat loe ngerasain “negara”-nya.

7. Jadi anggota perpustakaan pusat kebudayan negara tertentu  (yang bahasanya lagi loe pelajarin)

Ngga perlu ikut kursus di pusat kebudayaannya (yang pastinya sih mahal), tapi loe bisa daftar jadi anggota perpustakaanya. Cukup isi data diri, foto kopi KTP dan uang pendaftaran sekali setahun loe bisa jadi anggota perpustakaan. Loe bisa minjem buku dan juga film di perpustakaan mereka.

Image

Belajar bahasa asing itu ngga kaya belajar matematika atau beli burger di resto siap saji, ngga bisa pasti dan instan.

Beberapa hal yang perlu loe perhatiin juga waktu belajar bahasa asing adalah sebagai berikut:

– Jangan buru-buru ngapalin dan akhirnya lupa. Apalin satu-satu, kalau perlu diulang-ulang sampai bisa. Mirip kaya anak kecil ngapalin kosakata.

– Jangan takut ngomong. Tujuan loe belajar bahasa asing tentunya supaya bisa berkomunikasi pake bahasa itu kan? So, jangan malu buat ngomong atau takut salah.

Be passionate, jangan setengah-setengah kalau mau belajar dan harus niat

– Jangan cepet puas kalau loe udah “ngerasa bisa”. Inget, bahasa itu ilmu yang ngikutin kebudayaan dan peradaban manusianya. Jangan berhenti “upgrade” bahasa yang udah loe pelajarin karena ngga lucu kan kalau loe ngomong pake bahasa gaul yang dipake 10 tahun yang lalu.Hehehe…

Nah, sekian dulu tips & trik dari gue buat yang pengen belajar bahasa asing. Yes! Do learning language other than English, because English is too mainstream

4 Responses to “Studying Foreign Language Is E.A.S.Y”

  1. abeltoru March 24, 2014 at 12:19 AM #

    “Yes! Do learning language other than English, because English is too mainstream”

    Gw setuju dan bagai tamparan keras rasanya……. hiks, karena sampai saat ini juga gw masih canggung dan sering sulit merangkai kalimat percakapan dengan nyaman, meski bacaan sehari-hari ya linggis..diluar itu, gw harus akui bahwa bahasa merupakan salah satu handicap terbesar gw selain memahami peta … ADHD

    Gw teringat dulu , lebih dari 1 dekade lalu pernah belajar bahasa belanda lebih dari 2 tahun, dan tebak….hari ini gw disuruh merangkai satu kalimat percakapan-pun sudah tidak tahu lagi….sedih rasanya.

    Gw mempunyai target (atau impian lebih tepat) untuk bisa menguasai 4 bahasa (selain bahasa ibu dan Inggris tentunya) Perancis , Spanyol , Mandarin dan Russia + 1 mungkin Belanda (untuk menebus masa lalu) … dengan Inggris , Perancis dan Spanyol maka bisa melalangbuana hampir ke seluruh pelosok jagat dan berbaur nyaman dengan lokal….terima kasih kepada kolonialisme. Sementara Mandarin (tidak muluk tentunya…bahasa official) dikuasia miliaran orang , tentu akan memudahkan dalam segala hal (bisnis etc), dan Russia , negara yang super luas , kaya energi , dan terima kasih kepada korupsi masih banyak potensi dan peluang yang belum tergali….bila orang mengatakan Indonesia itu kolam susu , maka Russia adalah lautan susu

    Namun sekali lagi, mungkin hanya angan-angan belaka karena baik usaha maupun memory gw sangat payah untuk urusan cas-cis-cus , tapi selama hayat masih dikandung badan maka di sana ada peluang…dan membaca tulisan ini..wow , luar biasa ,,, menginspirasi gw untuk membuka kembali lembaran angan itu , meski usia sudah semakin menua dan saya sadari bahwa ternyata bukan hanya kata saja yang sering terlupa namun juga nama dan data…..alamak !😀

    Salam dan ijin bookmark,

    abe

    • SassyChicks March 31, 2014 at 6:04 PM #

      salam kenal ^^*
      thank you udah komen ya…
      belajar itu ngga kenal usia kok hehehehehe…

      xoxo

  2. blamelesscy July 22, 2015 at 11:31 AM #

    Benerrr bangeett english is too mainstreamm .. Dan begonya aku aku masih belajar bahasa inggris aja.. Hadeuh aku sadar bener klo bahasa inggris skrg tuh gadak apaapanya deh .. Uda biasa uda basi jga kalo bisaa…
    Yatapi klo buat anak ‘pedalaman’ kaya akuu bisa bahasa inggris tuh hebaaatttt banget.. ‘woooaah’ ..
    Apalagi aku baru tamat SMA.. Haduhh sedih liat kemampuan english aku jelek bgt klo mnrt aku.. Uda ikut kompetisi sana sini debat sana debat sini tp masih aja jelek. pernah berani ngomong sama bulee scara langsung eh pening masihan.. Padahal wktu chat sma bulee lancara2 ajaa liat film gada subtitle nyajga uda lumayan bisa .. Hadeuuh.. Ohya aku jga sma kaya kakak mikir kaya bahasa tuhh kaya pintu nya doraemon #toss..
    Nah aku lg belajar bahasa koreaaa haha aku uda belajar grammar nya yg cukup mudah mnrt aku tapi yaitu harus diulang2 kalo gak bakal nguap apa yg uda didapat.. Dan masalahnya skrg kya nya aku harus stop belajar bahasa korea dlu krna mau fokus buat ambil tes buat masuk universitas.. Aku gabisa banget pikiran aku terpeca belah .. Harus fokus 1 dulu baru bisa dilanjuti satunyaa .. Gabisa scra bersamaan gtu belajarnyaa. Lemah bgt deh heuh.. Ada saran gak sih kak?? Aku gak mau ninggalin belajar bahasa aku tp aku juga tetep ingin fokus belajar buat universitas aku..
    btw akuuu sukaa bngt sma blognyaa.. Hahah aku lg baca dri pos2an yg prtma kakak pos smpe disinii.. Hihi

    • SassyChicks July 28, 2015 at 1:20 PM #

      hihihihihi…..yuk belajar bahasa asing, semangat ya!!😀

      xoxo

Leave a Reply

