From Santiago Bernabéu: Real Madrid vs RCD Espanyol (16.12.2012, Madrid 19h)

4 Jan

Image

Run Run Run

Dibilang fan bukan, mau ngaku jadi Madridista apalagi (a/n: gimana mau ngaku, nonton pertandingan di tivi aja selalu ketiduran di 10 menit pertama). Dibilang pengamat bola, walah! ngerti offside aja ngga! Lah terus apa dong? Fangirl mungkin ya… Ya. Fangirl! Fangirl-nya timnas Spanyol gara-gara menang EURO 2012 kemaren! Hehehehe….

Berbekal semangat fangirl demi ngeliat Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo lari-lari di lapangan, gue semangat banget nonton Real Madrid live at Santiago Bernabéu mumpung udah di MadridPadahal awalnya sempet mikir juga, kalau cuaca tiba-tiba drop jadi 0 derajat atau 1 derajat, gue ngga bakal nonton. Hehehehehe…

Tapi kata orang, if it’s meant to be it’s meant to be…

Udah beli tiket, cuaca rada berangin tapi ngga hujan,great! Jam 18h gue langsung cabut ke Santiago Bernabéu naik metro dari stasiun Atocha-Renfe. Rada buru-buru naik metro soalnya waktu mepet dan rada telat. Minggu siang, gue sama 2 temen gue itu pergi ke Toledo, kota kecil di luar Madrid yang cantik banget. Jadi ceritanya nih dari luar kota langsung ke Bernabéu.

Nyampe di Santiago Bernabéu, orang-orang antri jalan ke luar stasiun metro. Liat sekeliling, semua orang itu nampaknya suporter setia Real Madrid. Atribut yang dipake juga macem-macem. Mulai dari make baju tim, baju pemain kesayangan, syal, bendera, genderang, macem-macem lah pokoknya. Jadi semangat banget pengen tau apa selanjutnya. Meanwhile gue dan Kak LV ngga ada tanda-tanda sama sekali mau nonton pertandingan karena kita ngga punya dan ngga make atribut Real Madrid apapun.

Estadio Santiago Bernabéu (again)

Akhirnya setelah ngantri jalan ke luar stasium metro karena banyak orang, sampai juga di depan Estadio Santiago Bernabéu. Berbeda sama scene pagi, scene malem pertandingan ternyata suasananya lebih hidup dan bernyawa. Awalnya sempet ngira yang nonton pasti banyak cowoknya, tapi ternyata ngga juga. Ada keluarga, ada nenek kakek, ada segerombolan cewek, ada bapak sama anak-anaknya yang masih kecil. Whoa! Pemandangan ini beneran ngga gue duga sebelumnya!

Di tiket gue, tertulis “Puerta C” (pintu C), kita berdua mulai nyari puerta C  itu, which is ternyata di sebelah kiri stadion. Setelah tanya sama mas-mas staff Real Madrid, akhirnya kita bisa nemu section dan seat kita dimana. Mas-mas staff Real Madrid yang jaga baik banget dan ramah. Ngga bete atau galak waktu ditanyain. Even mereka dengan senang hati nganter ke tempat kita duduk. Muchas gracias!

Waktu menunjukkan pukul 18.35, gue dan Kak LV udah duduk manis di tempat nunggu kick-off jam 19.00. Di layar monitor gede diputer video Real Madrid dari tahun ke tahun pake background music lagu “My Way”-nya Frank Sinatra sama “Nessun Dorma”-nya Andrea Bocelli. Terus ada juga video-video iklan yang dibintangi sama pemain Real Madrid. It was a good moment indeed. Liat lampu stadion yang terang benderang, orang-orang berdatangan dan pemain-pemain Real Madrid ada yang warming up di lapangan.

Ini pas orang-orang dateng ke dalam stadion:

Image

Jam 18.50 nama-nama pemain Real Madrid dan Espanyol mulai diumumin di layar monitor (ada fotonya juga loh). Dan setiap nama pemain Real Madrid disebut, semua penonton dalam stadion teriak dan nyanyi yell yell. Kayanya tiap pemain punya yell-yell sendiri deh, hehehehe….lucu…

Pemain Real Madrid dan Espanyol-pun mulai masuk ke lapangan. Ada jeda sebentar…dan semua penonton berdiri. Gue liat kiri-kanan, akhirnya Kak LV sama gue ikutan berdiri juga sambil bingung. Ternyata oh ternyata…lagu hymne Real Madrid diputer terus dilanjutin sama minute of silence (yang gue ngga denger jelas itu buat siapa).

Kick off Time

Pertandingannya seru, dan gue ngga tulis liputan pertandingan-nya disini soalnya pasti udah banyak ulasannya. Siapa yang nge-gol-in dan hasilnya berapa yang suka bola dan nonton pertandingan ini di tivi pasti lebih tau dari gue ya.

Football is becoming part of Spanish culture indeed. Semua orang di stadion nyanyi, komentar, teriak, sambil makan kacang (beneran loh! makan kacang kulit!). Bapak-bapak sebelah gue kayanya komentator sejati. Dia ngomentarin semua aksi pemain Madrid, dan gaya gesture tangannya atraktif banget! Hehehehehe! Dan tiba-tiba Espanyol bikin gol! Bapak-bapak sebelah gue dan seluruh stadion sempet diem, dan rame lagi (ngomentarin). Ada spanduk “Ultras Sur” dibelakang gawang Iker Casillas (babak pertama) dan gerombolan ini nampaknya leader-nya chants dan yell-yell di stadion. Apa yang mereka nyanyiin sambil nabuh genderang, seluruh stadion pasti ikutan nyanyi dan nyautin. Hehehehe…I was amazed by this! Truly amazed!

Akhir babak pertama Cristiano Ronaldo nge-gol-in untuk Real Madrid. Kedudukan imbang 1-1. Gerombolan “Ultras Sur” semakin seru nabuh genderang dan seluru stadion semangat nyanyi. Mereka kasi semangat “Hala Madrid” dan nyebut-nyebut nama “Cristiano”

Babak pertama selesai, dan pemain istirahat 15 menit (atau 10 menit?). Bapak-bapak sebelah gue ninggalin kursi dan begitupun juga yang lain. Iklanpun mulai dimainin di layar monitor.

Ini suasana 15 menit break itu. Air semprotan keluar otomatis dari tengah-tengah lapangan dan penonton pada ikutan break juga.

IImage

2nd Half Match

“Hombre, Ramos! Hombre!”, bapak-bapak sebelah gue mulai teriak waktu Sergio Ramos berhasil menghadang bola lawan. Gue ketawa-ketawa sendiri soalnya gue liat emang tampangnya Sergio Ramos rada panik (tapi tetep ganteng). Hehehehehe….

Meanwhile, tangan gue yang ngga lepas sama kamera dan sedikit-sedikit update status di Path ngakibatin gol ke-2 Real Madrid ngga gue liat! Oh My God! Mana ngga ada siaran ulangnya lagi! Siapa yang nge-golin yaaah???? Untungnya, bapak-bapak sebelah gue itu (kayanya) tau gue bingung, dia nepuk pundak gue dan nunjuk ke pemain nomer punggung 5, Fabio Coentrao. Muchas gracias,Señor! 

Real Madrid memimpin pertandingan 2-1, menit-menit terakhir (sekitar menit ke 80-an) banyak penonton yang mulai ninggalin kursi. Mungkin mereka tahu kalau tim kesayangan mereka pasti menang plus metro terakhir itu jam 10 malam, jadinya mungkin mereka pulang supaya ngga desak-desakan di metro.

Bapak-bapak sebelah gue mulai ketawa-ketawa gembira. Geng Ultra Sur masih semangat nyanyi sambil nabuh genderang, dan sampailah ke menit 90 saudara-saudara..RCD Espanyol cetak 1 gol lagi. Real Madrid vs Espanyol 2-2.

Seluruh stadion tiba-tiba hening beberapa detik. Gue liat, pemain Real Madrid pada lemes,dan ekspresi mukanya kecewa. Geng Ultra Sur mulai nabuh genderang 2x lebih kenceng dari semula sambil nyanyi. Waktu menunjukkan menit ke 90 dan ada perpanjangan waktu 4 menit.

Momen ini, mungkin momen paling menengangkan ya. Semua orang di section gue tiba-tiba serentak berdiri (gue juga ikutan). Mereka mulai teriak-teriak nyemangatin pemain Real Madrid untuk terus nyerang balik, yell-yell pun terdengar makin keras. Gue ngga ngerti apa yang mereka nyanyiin,tapi yang jelas mata gue tertuju ke lapangan hijau; berharap ada keajaiban…1 gol lagi untuk Real Madrid.

But the 3rd goal from Real Madrid never happened. The final result was 2-2 for Real Madrid vs Espanyol. Banyak orang pulang dengan raut muka kecewa, tapi ada juga yang tetep foto-foto (kaya gue dan kak LV) sampai diusir satpam karena stadion udah kosong, hehehe…maap ya,Pak!

Gue melangkah keluar stadion dengan perasaan masih ngga percaya dan serasa baru kembali dari “dunia” yang berbeda. Chants dan yell-yell juga genderang yang ditabuh sama geng Ultra Sur kayanya masih nempel ditelinga gue. Sampai di luar stadion, gue ngeliat bus-nya Real Madrid parkir. Mungkin ya mungkin itu bus-nya pemain Real Madrid kali ya.

It was such a great night for us and especially for me. When in Spain, mungkin temen-temen bisa coba nonton pertandingan liga Spanyol. Not just because it’s a Spanish League, but you might see the other side of Spanish culture as well. Ternyata memang bener ya, sepakbola itu mendarah daging buat bangsa Spanyol. Flamenco, gitar, tapas, matador, sangria dan sepak bola…Olé!

Fangirling Moment

Guys, orang-orang Madrid yang gue liat mulai dari dateng sampai gue pergi ninggalin Madrid beneran ngga ada yang jelek. Semua cakep-cakep dan cantik-cantik. Ngga terkecuali pemain-pemain Real Madrid. Cristiano Ronaldo aslinya..Gosh!I can’t say a words. He’s like a mannequin! Satu-satunya yang bisa buat gue nyadar dia masih “manusia” is ada bintik-bintik jerawat sama keringetnya yang ngalir. He’s 1000 times better than any of his pictures in the magazines or tabloids. Even television doesn’t show his charm. While my Sergio Ramos…my oh my….he’s so manly and charming! Through his appearance I can say (maybe) he has a good heart too.. (maybe looh ini). Casillas is too handsome to be true and Mr Alonso is just classy even though he only wore a white real madrid shirt….what a team!

Ini Estadio Santiago Bernabéu diambil dari Calle Concha Espina (waktu siang).

SassyChicks_Bernabeu2

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: