Please Wait For Me….in Santiago Bernabéu

3 Jan

Image

Estadio Santiago Bernabéu

Ngga pernah terpikirkan sebelumnya kalo gue bakal ketempat ini. Jangankan nge-fans atau ngikutin sepak bola dan bela-belain nonton pertandingan di TV subuh-subuh, kenal nama “Real Madrid” aja baru setahun belakangan ini. Lucunya lagi, gue sempet ngira kalo CR7 (a/n: nama inisialnya Cristiano Ronaldo – CR- dan 7 itu nomer punggung dia) itu merk mobil keluaran Toyota atau Honda! Hehehehehe….Parah ya! I know! 

Okay, okay…gue emang awam sama sepak bola sampai akhirnya gue dapet kerjaan yang berhubungan dengan klub raksasa Spanyol ini setaun belakangan. Nah! Little by little I know about Spanish football and of course Real Madrid, the Spanish giant. Waktu bikin itinerary Madrid, jujur hal pertama yang pengen gue lakuin is visiting Estadio Santiago Bernabéu. Kenapa? Karena gue pengen banget liat dari deket kaya apa sih stadion tempat Real Madrid itu.

Hari ke-2 di Madrid (16 Desember 2012), gue  sama 2 temen travelling gue (Kay & Kak LV) memutuskan barengan pergi liat Bernabéu dari deket sambil niat banget mau foto-foto narsis di tulisan “Estadio Santiago Bernabéu” dan check-in di jejaring sosial foursquare (penting banget ya ini..hehehehe).

Jam 10 pagi kita bertiga berangkat dari hostal di Tirso de Molina naik metro. Ternyata Santiago Bernabéu ada stasiun metro-nya, namanya juga sama. Untuk pergi ke stasiun Santiago Bernabéu dari Tirso de Molina, kita harus naik metro L-10 (arah Fuencarral) dan itu berarti kita harus ganti metro dari stasiun Tribunal. But hey! don’t worry friends, untuk ganti metro di Madrid sepanjang kita ngga keluar stasiun metro, kita ngga perlu bayar lagi.

Stasiun Santiago Bernabéu jaraknya tiga metro dari stasiun Tribunal setelah stasiun Nuevos Ministerios. Kira-kira belum 20 menit-an kita udah nyampe.Begitu kita turun dari metro, tinggal ikutin aja petunjuk arah keluarnya kemana dan voila! begitu keluar tangga stasiun, Estadio Santiago Bernabéu udah di depan mata!

Hari itu, hari pertandingan liga Spanyol Real Madrid vs RCD Espanyol. So, pagi-pagi udah lumayan banyak pedagang kaki lima di luar stadion yang menggelar dagangannya. Apa sih yang dijual? Mulai dari kaos tim,syal,bendera,pernak-pernik lucu dan juga boneka-boneka berlogo Real Madrid! Lucu banget deh! Banyak juga turis-turis dari berbagai negara yang foto-foto di depan stadion. Bus-bus turis juga banyak parkir di lapangan parkir stadion ini. Wah! Rame juga ya, padahal masih jam 10.30 pagi.

Kamerapun kita keluarin dan mulailah sesi photo-shoot narsis-nya hehehe…

Image

(Ini Tower B, tempat Tour Bernabeu dimulai. Harga tour-nya sekitar EUR 19 untuk umum)

Image

(“Photographer/Journalist access” atau pintu masuk wartawan/fotografer ke stadion)

Setelah puas foto-foto (a/n: yang ngga gue share di blog gue ini karena terlalu narsis dan  demi kelangsungan #pencitraan … *ngabur*), kita bertigapun mulai merasakan lapar karena belom makan pagi. Hehehehehe..

Kitapun mulai liat kiri-kanan,liat didaerah sekitar stadion, cari cafe atau restoran fastfood buat makan pagi.  Mulailah aksi nyeberang jalan, liat kiri kanan depan belakang kaya segerombolan anak ilang demi secangkir kopi panas dan roti..huhuhuhu….

Ternyata, karena masih terlalu pagi banyak restoran yang masih tutup. Dan akhirnya ngga disangka-sangka ditengah-tengah pencarian itu (a/n: ini lebay), kita nemu cafe di stadion, namanya Real Cafe Bernabéu.

Real Cafe Bernabéu

Cafe ini langsung menghadap ke stadion. Dan kalau kita duduk di jendela, lapangan hijau dan podium penonton yang ada tulisannya “Real Madrid C.F” keliatan banget!

RealCafe_2

Kaya gini nih keliatannya.  Berhubung gelap, maaf ya ngga begitu keliatan.

Hari minggu pagi ternyata hari keluarga juga di Spanyol. Terbukti di Cafe ini banyak keluarga yang lagi brunch sampai kita ngga kebagian tempat duduk. Menunya sih sederhana, dari berbagai jenis kopi dan roti-roti hangat.  Gue mesen café con leche (kopi susu) sama croissant. Aaaand..my life has changed forever! Itu croissant terenak yang pernah gue makan! Croissant-nya lembut, ngga terlalu manis dan butter-nya kerasa banget! Serius! Gara-gara croissant Bernabéu itu, sampai sekarang gue punya standar tinggi buat croissant! Hehehehehe….

RealCafe

Cafe Bernabéu…croissant-mu ngga ada yang ngalahin deh! Oh iya, total kopi susu + croissant ternyata cuma EUR 3 saja. So, temen-temen kalo kalian ke Santiago Bernabéu, jangan lupa mampir ke Cafe Real ini ya. Croissant-nya recommended banget deh!

Tur Bernabéu vs Real Madrid match

Gue ngga nyeritain soal tur Bernabéu ya? Pastinya ngga lah! Karena gue ngga ikut tur ini. EUR 19 buat tur yang ujung-ujungnya liat lapangan hijau kayanya kemahalan ya dan jujur gue cuma tau Real Madrid mulai dari taun 2011 akhir kemarin, so artinya gue ngga begitu kenal Real Madrid. Daripada ikutan tur, gue  dan temen gue, Kak LV,  mutusin buat nonton pertandingannya aja hari itu. Lebih “Real” dan lebih “Madrid”, hehehe….

Pertandingan dimulai jam 7 malem waktu Madrid. Waktu itu, gue dan temen gue Kak LV, sempet takut juga waktu mutusin kita mau nonton.Why? Soalnya imej pertandingan bola di kepala gue itu “rusuh” kaya yang suka disiarin tivi-tivi lokal. Tapi, well…this is Real Madrid match in Madrid. Sebagai fangirl-nya (a/n: biar cuma lewat twitter sama tumblr dan ngga pernah nonton pertandingan di tivi, maap Bang…Sergio Ramos, gue tergoda banget buat nonton.

Akhirnya setelah liat-liat harga tiket, kitapun memutuskan untuk beli tiket di area Fondo Norte, belakang gawang. Harga tiket EUR 35 dan ada nomer kursinya. Jadi ngga mungkin ngga dapet tempat.

SassyChicks_Bernabeu3

Ada kejadian lucu waktu beli tiket pertandingan ini di counter tiket Bernabéu. Mbak yang jaga loket nanya, “¿De dónde eres?” (kamu darimana?) gue jawab,“De Yakarta. Soy Indonesiana de Yakarta” (saya orang Indonesia dari Jakarta). Si mbak-nya kaget banget waktu tau, terus dia sambil senyum lebar bilang “Hablas bien español” (Bahasa spanyol kamu bagus). Whaaa!!! Seneng banget!! Muchas gracias hermana!! no te olvidaré!!

Tiket pertandingan udah gue simpen rapi di dalem tas, dan gue senyum-senyum lebar ninggalin Estadio Santiago Bernabéu karena gue bakal balik lagi malemnya buat nonton langsung pertandingan Real Madrid. Sergio Ramos yang lari-lari di lapangan hijau sama Cristiano Ronaldo udah kebayang dipikiran gue.  Tunggu gue di Bernabéu yah Real Madrid guys! Karena gue bakal nonton kalian!

Oh iya! di Bernabéu ini wifi gratisan-nya kenceng banget yah! Jadi, sesuai dengan tujuan awal,  mumpung gratis langsung deh digunain buat check-in di beberapa situs jejaring sosial. I’m in Estadio Santiago Bernabéu!

myphoto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: