“Visa Oh Visa….” (Lika-Liku Apply Visa Di Kedutaan Italia)

10 Nov

Tanggal 7 November 2012 adalah tanggal yang bersejarah buat gue, karena di tanggal ini,hari ini gue dapet visa Schengen! Biar hari itu Jakarta mendung, hujan dan becek, tapi hati gue bahagia..hehehehe….

Buat yang belum tahu apa sih Visa Schengen itu? Visa Schengen adalah ijin masuk ke negara-negara Uni Eropa seperti Austria, Belgia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugis, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan salah satu yang terakhir bergabung Swiss. Total ada 25 negara yang tergabung dalam visa Schengen.Dengan visa jenis ini elu bisa masuk ke beberapa negara yang elu mau tanpa perlu repot ngajuin visa ke beberapa kedutaan secara terpisah.

Udah setahun belakangan ini gue bekerja keras,banting tulang (a/n: ini lebay) buat bisa jalan-jalan ke Eropa. Bukan seluruh Eropa sih secara cuti dari kantor cuma 18 hari aja, makanya gue memutuskan perginya ke daerah Eropa Selatan atau yang kata orang namanya daerah Mediterania. Kenapa gue pilih negara-negara Eropa Selatan ini, it’s simple karena gue pernah dapet beasiswa jaman SMA dulu ke Italia.Nah,sekarang gue pengen balik lagi setelah bertahun-tahun lamanya…hihihihihi…(a/n: menandakan yang nulis udah bukan anak ABG)

Ternyata ya ternyata perjuangan untuk dapet Visa Schengen itu nggak segampang yang gue kira. Setelah baca-baca banyak blog travelling plus buku-buku travelling, gue sadar Visa Schengen itu susah didapet. Tapi gue nggak mau nyerah. Gue tetep usaha sampai gue dapet keputusan visa gue di-approve atau ditolak.

Perjalanan bikin visa gue dimulai dari nentuin negara mana yang paling lama gue tinggal. Kebetulan itinerary gue itu Jakarta-Milan-Venezia-Madrid-Barcelona-Paris-Jakarta, so kalo diliat Italia adalah negara yang paling lama gue singgahi. Mulailah gue cari tahu gimana bikin visa di kedutaan Italia yang ternyata sekarang semua harus via agent, namanya VFS Global.Nah mulailah gue liatin satu-satu dokumen apa aja yang gue harus punya buat bikin visa and yes,it took times to prepare all the documents needed, People!

Dokumen-dokumen apa aja sih yang elu butuhin buat bikin visa? Nah!menurut website-nya VFS Global sih standar ya. Ini detail-nya:

VISA TURIS

1. Formulir aplikasi visa yang telah diisi dengan lengkap dan dibubuhi tandatangan asli oleh pemohon.
2. 2 (dua) buah pas foto berwarna (ukuran 35x45mm dengan latar belakang putih dan sesuai dengan standard dari ICAO).
3. Paspor yang masih berlaku paling tidak 3 bulan setelah tanggal terakhir masa kunjungan di wilayah Schengen.
4. Fotokopi dari halaman bio-data paspor, dan halaman-halaman dengan pengesahan/catatan resmi (jika ada). Untuk warga negara asing, harap lampirkan salinan dari surat ijin tinggal di Indonesia (KITAS, KIMS, KITAP).
5. Asuransi perjalanan untuk seluruh masa kunjungan (lihat catatan A).
6. Surat keterangan kerja yang menyatakan posisi dari pemohon, jangka waktu bekerja, konfirmasi bahwa pemohon telah mendapatkan ijin cuti untuk periode liburan tersebut dan bahwa pemohon akan kembali bekerja setelah kembali ke Indonesia. Harap lampirkan juga satu fotokopi dari TDP/SIUP perusahaan.
7. Surat referensi bank dan fotokopi otentik bukti keuangan pribadi selama 3 bulan terakhir.
8. Bukti pemesanan tiket penerbangan atau tiket yang telah diterbitkan untuk perjalanan ini. Dari rencana perjalanan ini harus dapat dibuktikan bahwa lama kunjungan di wilayah Schengen tidak melebihi 90 hari.
9. Fotokopi dari bukti akomodasi (hotel voucher/pemesanan hotel) untuk seluruh masa kunjungan di wilayah Schengen. Jika diundang untuk tinggal di rumah pribadi, harap lihat catatan B.
10. Dalam kasus anak di bawah umur (di bawah 18 tahun) yang bepergian seorang diri atau dengan salah satu dari kedua orang tua, diperlukan surat ijin dari kedua orang tua atau dari salah satu orang tua yang tidak bepergian. Tanda tangan dari kedua orang tua tersebut harus dilegalisasi oleh notaris.
11. Fotokopi Kartu Keluarga. Jika ada keluarga yang mendampingi dalam perjalanan ini, harap sertakan juga Akte Perkawinan/Akte Kelahiran.

Hmmmm….keliatannya gampang ya? Yes!It’s! Tapi saran utama gue, kalo elu pergi sendiri alias backpacker-an atau nggak pake jasa biro tur, elu harus punya semua bukti booking hotel yang sudah CONFIRMED dan itu ngga boleh putus. Artinya adalah, nggak boleh ada satu haripun yang bolong. Elu bisa booking via website kaya Hostel Bookers, Agoda atau Booking [dot] Com .Pastiin juga hotel yang elu booking itu free cancelation, atau kalo elu pake Hostel Bookers, elu cuma di-charge 10% dari total harga. Ini buat jaga-jaga kalo visa application elu ditolak, jadi elu nggak rugi-rugi amatlah (selain duit visa yang pasti hangus).

Dokumen applikasi gue sempet di-reject 2 kali, gara-garanya bukti booking hotel yang keputus. Alesan gue waktu itu adalah gue naik kereta malem (night train), jadi nggak pake hotel. Tapi kenyataannya pihak kedutaan nggak mau itu unless gue bisa kasih bukti pembelian tiket kereta malem padahal gue belum beli karena gue mau belinya disana, so mau nggak mau gue harus rombak semua booking-an hotel gue supaya nggak ada hari yang bolong. Dua minggu setelah gue submit dokumen di VFS, gue di-interview pihak kedutaan nanyain kenapa paspor gue kosong melompong. Siang-siang gue ijin dari kantor gue – setelah malem sebelumnya gue komat-kamit baca doa sambil terus-terusan baca blog-blog travelling tentang pertanyaan apa aja yang bakal ditanyain pas wawancara visa – buat wawancara visa. Dan yes, waktu ditanya kenapa paspor gue kosong, gue simply jawab dengan jujur kalo paspor lama gue ilang nggak ketauan dimana rimbanya (secara udah lama banget ilangnya). Pulang dari kedutaan hati gue semakin ciut, gue pasrah. Diterima atau nggak diterima yang penting gue udah usaha.

Satu hari setelah wawancara visa di kedutaan Italia, akhirnya gue dapet kabar kalo visa gue di approve buat 30 hari stay dan multiple entries! Percaya nggak percaya…but…I DID IT!!! Visa gue di-approve!!!

Within a month I’ll be in Italy,Spain and France! My dream is coming true! So guys! Keep on dreaming,yes?! because one day, the day when all of your wishes are being granted will be coming true….

Gue pasti bikin catetan perjalanan gue di blog ini, so wish me luck,Guys!

PS: Non posso credere, pero’ voglio rigraziare alla mia amica:Mei. Senza te non lo so cosa devo fare…huhuhuhu….

4 Responses to ““Visa Oh Visa….” (Lika-Liku Apply Visa Di Kedutaan Italia)”

  1. ratrichibi November 11, 2012 at 12:02 PM #

    glad to hear you visa approved! *huggles*
    have a great time in Europe, baby! yu owe me a lot lot LOTS of stories later on hihihihi

    • SassyChicks November 11, 2012 at 12:43 PM #

      I’ll in Paris beyb!! our city!! ^^ ..I’ll bring sweet macarons for you back home!

  2. Meta Wardani October 23, 2013 at 11:57 AM #

    Itinerary perjalanannya perlu dilampirkan ga? btw kl dr itali ke negara lain elo ada yg naik pesawat ga? kl ada itu distempel lagi ga diimigrasinya, krn gw rencana mo ke itali n yunani cm kl apply dr kedutaan yunani ribet makanya mo lwt italy, cuma stay lamanya di yunani dari total 20 hr rencana gw di itali cm 4 hari, please info ya need help nech

    • SassyChicks November 12, 2013 at 8:23 PM #

      iya perlu dilampirkan itinerary-nya. Naik pesawat Easy JetπŸ™‚

Leave a Reply

